Pemodelan Sistem Pengolahan

Manusia dalam interaksi manusia dan komputer dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
• Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera)
• Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
• Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Sistem pemrosesan manusia merupakan sistem yang sangat kompleks, sulit dimengerti dan tidak bisa diukur secara akurat atau disajikan secara utuh dalam suatu pemodelan. Pendekatan pemodelan dapat disajikan dan berisi 3 (tiga) bagian yaitu pemrosesan persepsi (perceptual processing), pemrosesan intelektual atau kognitif (intelectual or cognitive processing), dan kontrol motorik (motor control) yang ketiganya berhubungan dengan memori manusia.

Memori penyaring (sensor) sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menerima rangsangan dari indera. Memori penyaring ini terdiri dari 3 saluran penyaring :
• Iconic , berfungsi menerima rangsang penglihatan (visual)
• Echoic, berfungsi menerima rangsang suara
• Haptic, berfungsi menerima rangsang sentuhan

Isi memori penyaring ini selalu diperbaharui setiap kali ada rangsang yang masuk, contoh : 
kita dapat mengetahui perubahan letak jari tangan kita yang digerakkan di depan mata kita. Memori jangka pendek sebagai tempat menyimpan informasi sementara yang hanya dibutuhkan sesaat. Misal : saat kita menghafal nomor handphone, maka akan lebih mudah mengingat nomor tersebut jika dikelompokkan per 3 nomor daripada menghafal nomor tersebut sekaligus. Memori jangka pendek ini dapat diakses dengan cepat ± 70 ms, penghilangan cepat ± 200 ms.

Dalam pengolahan informasi ini dibagi 2 yaitu :
• Pengolahan secara sadar terjadi ketika rangsangan yang datang dibawa ke bagian intelektual dan memerlukan beberapa waktu untuk menghasilkan tanggapan yang sesuai.
• Pengolahan secara otomatis terjadi secara reflek dan hanya memerlukan waktu yang sangat pendek.
  - Banyak aktivitas yang kita kerjakan sehari-hari telah menjadi otomatis
 - Kita dapat mengerjakan aktivitas tersebut tanpa harus berfikir. Sebagai contoh, aktivitas untuk membaca, menulis, berbicara dalam bahasa ibu, mengendarai sepeda, menggosok gigi, dan lain-lain.
- Seperti diketahui, semakin sering berlatih atau dikerjakan, performans kita akan meningkat ke tahap trampil dan otomatis.
- Dengan latihan rutin, proses kognitif juga dapat menjadi otomatis penuh.
- Banyak aktivitas yang kita kerjakan sehari-hari telah menjadi otomatis.
- Kita dapat mengerjakan aktivitas tersebut tanpa harus berfikir. Sebagai
- contoh, aktivitas untuk membaca, menulis, berbicara dalam bahasa ibu,
- mengendarai sepeda, menggosok gigi, dan lain-lain.
- Seperti diketahui, semakin sering berlatih atau dikerjakan, performans
- kita akan meningkat ke tahap trampil dan otomatis.
- Dengan latihan rutin, proses kognitif juga dapat menjadi otomatis penuh



Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah …
a.Kuning, biru, ungu
b.Biru, hitam, hijau 
c.Merah, kuning, biru
d.Kuning, putih, hitam
e.Putih, biru, cyan 

Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika ...
a.Selalu ada hiburan yang menarik perhatian pada setiap layer
b.Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu untuk waktu yang lama
c.Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan ke arah solusi
d.Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lamban
e.Tidak ada feedback 

Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
a.Akuisisi data 
b.pengolahan kata
c.Pemasukan data
d.pekerjaan interaktif
e.desain antarmuka

Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta beban otot yang rendah?
a.Pemasukan data
b.pengolahan kata
c.desain antarmuka
d.Akuisisi data 
e.pekerjaan interaktif

Echoic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa..
a.Penglihatan
b.Penciuman
c.Sentuhan 
d.Suara  
e.Perasa

Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
a. Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai dengan melakukan task sederhana 
b. Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want exit this program?” 
c. Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri 
d. Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat

Jangan Lupa Subcribe, Klik Tombol Youtube

closeKawan Jangan Lupa Amal, Klik Iklannya
close